Selamat datang pembaca, pada post kali ini saya akan menjelaskan mengenai Pengertian dasar mengenai Algoritma dan Pemprogaman.
Algoritma,
adalah langkah demi langkah untuk perhitungan dan pemecahan masalah
yang harus dilakukan secara berurutan. Langkah-langkah pemecahan itu
terdiri dari beberapa bagian :
1. Masalah.
2. Langkah-langkah
3. Penyelesaian
Dalam dunia komputer algoritma dipergunakan untuk programming.
Programming,
adalah perintah untuk membuat program menggunakan bahasa perantara.
Bahasa perantara yang dimaksud adalah bahasa sangat simpel dengan
kosakata terbatas. Kenapa demikian? karena bahasa itulah yang akan kita
gunakan untuk berkomunikasi dengan komputer.
Terdapat 2 cara untuk melakukan membentuk algoritma dalam programming :
1. Pseudocode, yaitu deskrpsi tingkat tinggi informal tentang prinsip operasi program
komputer.
Struktur Pseudocode terdiri dari : Header (informasi mengenai algoritma),
Declaration (menjelaskan variable, konstanta, prosedur, dan data yang akan
digunakan), dan Description (menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah).
2. Flowchart, yaitu jenis diagram yang mewakili algoritma , alur kerja
atau proses,
yang menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari
berbagai jenis, dan
urutannya dengan menghubungkannya dengan panah.
Di
bagian kedua dari post ini, saya akan membahas mengenai bahasa
pemprogaman java. Aplikasi yang saya pergunakan adalah NetBeans.
Ada beberapa bahasa program java yang saya ketahui awalnya :
1. char : untuk menyimpan 1 karakater
2. String : untuk menyimpan lebih dari 1 karakter
3. int/long : untuk menyimpan angka bulat
4. double/float : untuk menyimpan angka desimal
5. boolean : menyimpan nilai logika true/false
Ada juga beberapa input untuk operator matematika :
1. simbol "+" = +
2. simbol "-" = -
3. simbol "x" = *
4. simbol "/" = /
5. simbol "^" = Math.pow (_,_)
6. simbol akar = Math.sqrt (_)
7. sisa bagi = _%_
Sekian dari post kali ini sampai jumpa di minggu berikutnya.
No comments:
Post a Comment